Postingan banci make up (amateur) episode: kenapa dandan?

Ijinkanlah kali ini saya mau posting lanjutan tulisan review make up oleh banci dandan amatir, pemirsah! Saya udah bilang amatir, lho, jadi jangan diketawain yeess. *disclaimer* Saya tiba-tiba pengan sekali-kali bahas make up lagi. Dulu udah pernah bahas sih, lama banget. Kalo mau dilihat lagi, postingannya kayaknya bakal sama amatirnya deh hahaha...

Saya emang lagi belajar pake bedak, pemirsah. Kenapa tumben-tumbenan? Ada dua hal. Pertama, saya begitu banyak dan serius ngumpulin alat dempul satu persatu dan hampir ga pernah dipake. Misalnya eyeliner. Ngumpulin dari jenis pensil, krayon sampe liquid. Dipake? Engga. Just because I don't know how to wear it. Sumpah, deh. Sering banget ngecek make up kit dan nemu beberapa barang udah out of date alias kedaluarsa. Oh my.

Kedua, sebentar lagi adik saya mau nikah. Hal yang terbayang adalah: didempul puluhan lapis foundie sama tukang rias! *lebay tak terkira* Etapi beneran, ya. Saya sebetulnya males didempul sama tukang rias kecuali terpaksa *lah* Tapi apa daya, eik blom mahir dendong ye ceuuukk. Kelar acara, bersihin muka, besokannya jerawatan. Haiyaaahh... Selamat datang muka ancur yang jadi makin ancuuurr...

Another story. Dulu saya males dandan karena menurut saya kulit muka saya ini ga layak didandanin. Udah berminyak, banyak jerawat batunya pula. Deuh. Padahal, kunci mau belajar pake bedak (my term according to this) adalah tau kondisi kulit muka. Belajar mengenali struktur kulit muka kita, belajar mengenali skin tone, undertone, respon kulit kita terhadap produk tertentu and many more.

Setelah ke Jakarta dan mulai cari kerja, posisi dandan mengubah beberapa hal. You can't came to an HRD Manager with f***ing nude face. No matter how beauty you are. Juga bukan berarti kudu full make up lenongan yee... Dandan, in some point, menurut saya adalah cara perempuan menghargai dirinya sendiri (dan orang lain yang melihat). Jadi jangan sampe salah dandan ye, bok! *keplak diri sendiri*

Ada korelasi antara skin care dan make up. Skin care dibutuhkan agar kulit wajah siap untuk dimake up daaaann supaya kulit tetap sehat setelahnya. Make up akan menyempurnakan wajah yang sehat itu. Saling bertautan, ya. Makanya skin care juga penting, selain belajar cari produk yang tepat buat dandan. 

After all, niat buat mau belajar adalah segalanya. Percuma punya alat tempur buat dandan komplit, tapi tetep ga bisa pake bedak. Berdayakan smartphonenya dong cincaaaaa... *keplak diri sendiri* On the next post, I'm gonna share some (cheap) make up tools that I have and use untill now. Kapan? Kapan-kapan. *hoams*[]